Artist Info

 

Polyester Embassy

    Genre : Electronica/Trip Hop/Experimental

    Performances :

    Website :
    http://www.myspace.com/thepolyesterembassy


  

About This Act :

Polyester Embassy adalah sebuah band yang berdiri di Bandung pada tahun 2002. Band ini dibentuk oleh sekumpulan sahabat yaitu Elang Eby (gitaris/vokalis), Sidik Kurnia (gitaris/synthesizer), Ekky Darmawan (gitaris/sampling), Ridwan Aritomo (bass), dan Givarie MP (drummer). Kelima sejoli ini berkumpul dan memutuskan membentuk band bernama Polyester Embassy karena memiliki kesamaan visi dalam bermusik. Nama Polyester Embassy sendiri bukan nama dibalik makna yang penuh hal-hal filosofis. Nama Polyester Embassy diambil karena nama ini sesuai dengan apa yang mereka inginkan, terdengar rumit dan gampang didengar dalam waktu bersamaan.

Musik mereka diambil dari pengaruh-pengaruh musik elektronik, krautnoise, dan sentuhan-sentuhan musik rock dibalur dengan perpaduan sound-sound experimental. Pengaruh musik mereka melebar dari beragam pengaruh musik-musik mulai dari Radiohead, Mansun, Blur, Primal Scream, Ride, hingga nuansa bising khas Nirvana.

Nuansa yang terdengar dari musik Polyester Embassy didominasi repetisi dan sahut-sahutan suara dari tiga gitar yang dimainkan sekaligus. Sound khas Polyester Embassy menciptakan atmosfer yang mengeluarkan suara harmoni hasil peleburan tiga buah gitar yang dimainkan dengan aransemen berbeda dan memberikan nuansa emosional yang maksimal. Lewat nada, Polyester Embassy bertutur dengan jelas kepada pendengar akan nuansa cerita yang mereka bawakan.

Setelah tiga tahun eksistensinya di kancah musik independen, Polyester Embassy akhirnya merilis debut full-album, Tragicomedy di bawah indie label asal Bandung, FFWD Records pada tahun 2006. Mereka juga kerap berkolaborasi dengan figur-figur musisi independen lainnya seperti Hendra (RNRM), Deena Dellyana (Homogenic), Evan (Storn), Iman (Electrofux), dan Souldelay dalam beberapa penampilannya. Dari album itu juga mereka sempat mengadakan tur di Pulau Jawa hingga merambah ke kancah dunia internasional dengan melakukan tur di Malaysia.