Artist Info

 

Alexa

    Genre : Pop Rock

    Performances :

    Website :
    www.myspace.com/listentoalexa


  

About This Act :

Belum genap dua tahun berlalu sejak album self-titled Alexa dirilis dan didengar banyak orang. Namun, Aqi (vokal), Satrio (gitar/ back vocal), Rizki (gitar/ back.vocal), JMono (bass/ back. Vocal), dan Jar (drums & percussion) sudah tak sabar untuk memberikan sesuatu yang spesial lagi untuk para penggemarnya di seluruh tanah air. "Kami merasa sudah menjadi sebuah kewajiban untuk terus memberikan karya-karya baru kepada orang-orang," ujar JMono tentang alasan dibalik pembuatan album ini. Maka, lahirlah album kedua mereka yang diberi judul Special Edition.

Album Spesial
Special Edition, begitu nama yang diberikan oleh Alexa. Ada banyak alasan bagi kelima musisi ini untuk menyematkan nama itu sebagai judul album kedua mereka. "Bagi kami sendiri ini adalah album spesial. Alasannya adalah ada banyak hal yang belum bisa kami lakukan di album pertama dan akhirnya bisa kami praktekkan di album kedua ini. Misalnya, pengerjaannya bareng-bareng. Dulu di album pertama, sistemnya adalah satu orang membawa lagu yang sudah jadi dan yang lainnya terima jadi. Tapi di album ini, sudah tidak begitu. Di sela-sela jadwal manggung, kami sempatkan untuk duduk berlima, dua orang pegang gitar, kemudian mencari chord dan lirik yang tepat dan pas untuk lagu itu bersama-sama, " terang JMono.
Lebih lanjut, band ini juga menerangkan bahwa alasan diberi nama itu juga karena album ini adalah hasil pengejawantahan dari pengenalan di dalam internal Alexa sendiri lewat nongkrong bareng dan perjalanan tur selama satu tahun. "Menjadi album spesial karena album ini mencerminkan pengenalan kami terhadap satu sama lain. Kami sudah tahu musik apa yang setiap personil suka, apa kelemahan dan keunggulannya. Semuanya tercermin di album ini."

3 Lagu Baru + 4 Akustik + 3 Lagu Lama

Melirik sejenak ke track list album kedua ini, ada tiga lagu yang benar-benar bisa dikatakan baru yaitu Sampai Kapan, Wajahmu Indahkan Duniaku, dan Nanti Sampai. Deretan berikutnya, ada 4 lagu yang dibuat dengan versi akustik, yakni Kau Khianati, Maafkanlah, Lupakan Saja, Hingga Saatnya Kan Tiba. Tapi, kalau dilihat-lihat baik, 4 singel itu adalah lagu-lagu yang sudah terdapat di album pertama mereka. Lantas, apakah hasil karya mereka ini masih bisa disebut album kedua? "Yah, ini adalah kedua Alexa. Ada 7 lagu baru, tepatnya, bukan tujuh lagu lama. Memang 4 lagu yang dibuat versi akustikan itu adalah lagu yang terdapat di album pertama. Tapi, kami tetap menganggapnya sebagai lagu baru karena pengerjaannya dari nol dan aransemennya beda banget dari yang pertama. Jadi, ini bukan album repackage atau album yang sekadar menambahkan beberapa singel baru di dalamnya," ungkap Fajar, semangat.
Dan untuk membuat 4 lagu itu terdengar semakin baru, Alexa mendaulat beberapa musisi ternama dari genre musik berbeda untuk menambah dimensi baru ke dalam itu. Sebut saja, Amar dari Maliq & D'essentials, Ricky Surya Virgana dari White Shoes & the Couples Company, Rejoz The Groove, Doni Sundjoyo. Lalu bagaimana hasilnya? Memang terdengar sangat berbeda. Contohnya saja, lagu Lupakan Saja yang diaransemen ulang dengan menambahkan unsur nu jazz di dalamnya, musik yang dulu akrab dengan Satrio, sang gitaris.
Dengan semua kerja keras itu, harapan Alexa tidak terlalu muluk-muluk di album. "Kami mengerjakan album dengan hati-hati dan sebaik mungkin. Berharap nantinya album ini bisa memanjakan telinga, mata dan semua indera yang ada dalam diri manusia," tandas band asal Jakarta ini