Artist Info

 

Tjahjo Wisanggeni

    Genre : Alternative/Rock

    Performances :

    Website :
    


  

About This Act :

Tjahjo Wisanggeni dilahirkan di Medan, 21 September 1965. Putra pasangan Sukarton Marmosudjono dan Lastri Fardani ini mulai belajar gitar saat berusia belasan tahun. Adalah permainan Ritchie Blackmore, gitaris Deep Purple yang menginspirasinya untuk menekuni instrumen gitar. Ia pertama kali tertarik saat melihat penampilan Ritchie di rekaman video konser Deep Purple tahun 1974 yang berjudul California Jam.

Setelah sempat mempelajari dasar-dasar gitar klasik di Yayasan Musik Indonesia (YMI), Tjahjo kemudian berangkat ke Los Angeles, Amerika dan mengasah ilmu gitarnya di Guitar Institute of Technology (GIT), pada 1988. Setelah setahun, Tjahjo mulai serius menekuni karir di musik.

Selama di Amerika, tepatnya sepanjang kurun waktu antara 1993 hingga 1998, Tjahjo sempat bekerja untuk beberapa produser kondang di sana macam Ross Robinson (Korn), Pat Reagan (Deep Purple) dan Jim Weirt (Incubus).

Sebelumnya, pada 1992, Tjahjo sempat merilis album solo instrumental berjudul From the Other Side bersama Mark Bistany (dram) dan John Stenber (bas). Album ini lantas dirilis di Amerika, Singapura dan Indonesia.

Setahun kemudian, Tjahjo membentuk band Nosferatu bersama Agus Lasmono (vokal), Ricky Wolking (bas) dan Mark Bistany (dram). Bersama bandnya ini, Tjahjo merilis album Visible But Untouched pada 1994.

Di samping itu, Tjahjo juga memperbanyak jam terbang dengan manggung di klub-klub dan menjadi instruktur gitar di Music Castle, Beverly Hills, California, AS, selama setahun, yakni 1999-2000.