Artist Info

 

Stepforward

    Genre : Metal/Rock/Thrash Music

    Performances :

    Website :
    


  

About This Act :

Enam belas tahun dan masih menendang! Stepforward adalah salah satu band hardcore/metal seminal yang tertua asal kota Jakarta yang kini bangun dari tidurnya untuk menyalak dan menggigit. Terdiri dari dari Jennifer Jill (Vokal), Ricky Siahaan (Gitar), Fajar (Drums), dan Junas (Bass). Sejak kemunculannya tahun 1995, formulasi musik hardcore metal yang mereka usung telah terbukti berhasil tertambat di hati seluruh penonton yang telah menyaksikan dari tahun ke tahun. Mereka muncul dengan format vokal perempuan yang berasal dari seorang Jill, di era sebelum dunia metal lokal (bahkan internasional) dibuai oleh kehadiran band-band cadas bersuara vokal perempuan seperti Walls of Jericho ataupun Kittie. Vokal growl Jill sang vokalis sama sekali tak terdengar seperti suara yang keluar dari kerongkongan seorang perempuan. Semakin menendang muka ketika dibalut sound gitar metal Ricky (juga hingga kini aktif sebagai gitaris band rock oktan tinggi SERINGAI) yang terpengaruh band-band metal oldschool seperti Slayer yang dipercantik dengan sentuhan musik non metal seperti My Bloody Valentine dan Smashing Pumpkins.
Tahun 2000 Stepforward merilis album perdana berjudul `Stories of Undying Hope` berisikan 10 tembang yang dirilis secara independen. Tahun 2002-2004 Stepforward pun akhirnya menjalani perjalanan sebagai salah satu band pensi yang paling sering disambangi panitia, termasuk menjadi band pembuka untuk legenda hardcore SICK OF IT ALL asal New York City yang sempat bertandang ke Jakarta tahun 2008.
Setelah tahun 2008 karena kesibukan masing-masing personilnya, Stepforward masuk ke masa vakum dan non-aktif dari kegiatan panggung. Namun kini Java Rockingland 2011 memanggil dan reuni pun terjadi. Mereka berencana akan membawakan lagu-lagu dari materi album mereka dan juga beberapa lagu baru, dan juga lagu yang belum pernah mereka bawakan di manapun. Masa depan kembali terbentang untuk band cadas ini. Workshop di studio kembali mereka jalankan dan lagu-lagu baru pun tercipta, siap untuk diledakkan Dan juga direkam.
`Secara musikal Stepforward tidak terlalu ingin berwacana macam-macam. Aliran musik kami tidak menjual filosofi yang akan membuat kamu mengerutkan dahi. Musik metal/hardcore seharusnya gak banyak neko-neko. We tend to let the amplifier do the talking. Murni ekspresi primal 4 orang yang akan menggelegarkan speaker. Coba luangkan waktu Anda dan tonton performance kami, you`ll see what i`m talking about!` ucap Ricky sang gitaris.

Stepforward:
Jill `vocals
Ricky `guitar
Jar `drums
Junas `bass

Diskografi:
`Breathless. The hardcore compilation (Manifest Records) 1997
`Ticket to Ride. Benefit to your local skatepark (Spills Records) 2000
`Keep it United. Compilation (Pinball Records) 2000
`Stories of Undying Hope. Full Album (Pinball Records) 2001
`The Riot Compilation (Parc) 2006
`The Art of Metal (Alfa Records) 2007