Artist Info

 

Fall

    Genre : Pop Rock

    Performances :

    Website :
    


  

About This Act :

FALL: Romantic, Musical, and Angry as Hell!

Dibentuk tahun 1998 dengan formasi Claude (Vokal), Deedee (Gitar), Alex (Bass), dan Teja (Drums). Bermula dari Senayan Skate Scene dan kebetulan mempunyai selera musik yang sama, kemudian muncul ide untuk membuat sebuah band black metal tanpa dandanan dan stereotype yang ada pada saat itu dan ditambah A hardcore edge to it.
Dipilihlah nama FALL atau berarti musim gugur dalam bahasa Indonesia, yang menurut Claude (vokalis) : Musim gugur adalah musim yang romantis, sekaligus FALL juga dapat berarti analogi dari kondisi degradasi kasih dan friendship yang menurut saya terjadi disekitar kita.

Tahun 2000 masuk seorang metalhead baru untuk mengisi posisi sebagai gitaris kedua yaitu Toan. Dengan formasi baru, FALL pun langsung menyiapkan materi-materi lagu yang menurut mereka cukup agresif. Seperti apa musiknya? Bayangkan sebuah band hardcore metal yang terlalu banyak mendengarkan . Sayangnya Toan hanya bertahan sampai tahun 2003 sebelum FALL sempat mengeluarkan rilisan. Komposisi lagu yang lumayan panjang untuk genrenya, dan tentunya breakdown-breakdown ala progressive rock yang bikin kaget jadi andalan di tiap lagu mereka.

Tahun 2003 FALL merekam materi mereka sebanyak 3 lagu yang menurut mereka layak untuk dirilis. 3 lagu ini dan dirilis bulan September 2004 lalu dalam bentuk split single bersama band straightedge Metalcore asal Berlin-Jerman, yaitu xSHOULDHAVEKNOWNx.
Ambil saja contoh sebuah lagu berjudul 13.24 yang menawarkan nuansa hardcore metal dengan part-part berelemen indiepop, atau Forsaken moments of love and hate dan Embracing the storm yang pastinya dapat meng Embrace open minded listeners of this kind of music.

Saat ini FALL sudah merilis debut album yang berjudul FALLISTHESEASON pada bulan April tahun 2006 lalu. Debut album yang berisikan 10 lagu post-hardcore ini akan mengajak pendengar untuk kembali pada roots hardcore yang lebih fun melalui lagu-lagu seperti Hurricane Boy dan Bleeding Hand, dan sekaligus juga akan mengajak pendengar untuk explore shoegazing hardcore seperti yang dikatakan sebuah review oleh majalah Rolling Stone Indonesia dengan lagu-lagu seperti A Perfect Murder and the Beautiful Friday dan BloodMachine dan sempat masuk kategori salah satu album terbaik tahun 2006 versi majalah Rolling Stone Indonesia dan TRAX Magazine. Pada bulan Oktober tahun 2007 Teja memutuskan mengundurkan diri dari FALL karena makin di sibukan oleh pekerjaan dan keluarga. Untuk mengisi kekosongan pada posisi drummer FALL sempat di bantu oleh Fajar dari Stepforward / Alexa. Tapi pada awal tahun 2008 di karena kan kesibukan Fajar dengan Stepforward dan Alexa FALL sempat merekrut Harry dari Accidental Hero namun kemudian Harry secara resmi mengundurkan diri. Saat ini FALL baru saja merilis 3 singles baru yaitu Neonblack, Unhealthy dan Divorce dan sedang dalam proses mengumpulkan materi – materi lagu baru untuk full album yang rencananya akan rilis pada akhir tahun 2010 ini. Melalui komposisi musik mereka, Claude berharap pendengar musik bisa have fun dengan musik yang tidak harus selalu dikotakkan, its all about freedom to do whatever you want and to play music however you like. Tahun 2011 Fall mengalami pergantian personil yang mana Deedee telah mengundurkan diri dan posisi gitaris diganti oleh Roma yang sampai saat ini masih menjadi bergabung di Killed By Butterfly.
FALL is about energy, passion, friendship and challenge. Mereka menantang kita dengan komposisi atau lebih tepatnya petualangan musikal yang cutting edge di genrenya. Dont expect them to fall down anytime soon!

-Ricky Siahaan ( Rolling Stone Indonesia / Seringai )

BIODATA:
Nama: Claude Alexander Hutasoit
Posisi: Vocal
Tempat/tgl lahir: Los Angeles, USA/ 09 November 1978
Alamat: Jl.Kemang Dalam IX / G1, Jakarta 12730
Pendidikan/pekerjaan: FE Usakti/Jumps Skateshop,
Musik fav: Rock n Roll, Nu Jazz, Drum n Bass, Nu Skool Breaks and other Electronica
Influence: Led Zeppelin, Tony Hadley, Peter Gabriel, David Bowie, Nico, Trevor Jackson

Nama: Roma Sophiaan
Posisi: Guitar
Tempat/tgl lahir: Jakarta, 17 July 1977
Alamat: Bintaro Jaya
Pendidikan/pekerjaan: Desain Grafis.

Nama: Alexander Gayus Kaunang
Posisi: Bass
Tempat/tgl lahir: Palembang, 15 June 1975
Alamat: Komp Green Garden, B I no: 57-58
Pendidikan/pekerjaan: Wiraswasta
Musik fav: Metallica
Influence: Jason Newsted, Ritchie Kotzen, B.B King, Kirk Hammet